Kp. Beting Mendata Balita, Ibu Hamil dan Ibu Melahirkan

Ricardo-Data-300x174.jpg

Ibu Retnaning Tyas (Wadah)  bersama tim dari komunitas Arsari Kp. Beting di bawah koordinator Ricardo Hutahaen selama dua hari, Selasa dan Rabu (24-25 November 2011) melakukan pendataan terhadap anak balita, ibu-ibu hamil dan ibu-ibu  melahirkan di Kp. Beting Remaja Blok A, B dan C, Rw018. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendapatkan informasi mengenai kesehatan mereka terutama berkaitan dengan imunisasi, KB, ASI dan kesehatan lingkungan.

Dari kegiatan ini ditemukan bahwa 83% dari 356 balita yang ada  di Kp. Beting  ini tidak pernah mendapatkan imunisasi, 13% mendapatkan imunisasi tetapi tidak lengkap. Hanya 4% saja dari balita tersebut yang mendapatkan imunisasi lengkap.

Jumlah ibu hamil berusia antara 17-38 tahun sebanyak 28 orang.  Lima orang diantaranya tidak pernah memeriksakan kandungannya. Ibu-ibu melahirkan sebanyak 4 orang, 1 orang diantaranya baru saja melahirkan.  1 ibu lainnya melakukan Kb steril karena sudah memiliki 8  anak.

Pada kesempatan ini dianjurkan pula agar seluruh warga Kp. Beting Remaja Blok A, B, dan C, Rw18, melakukan kunjungan ke Puskesmas Kelurahan Tugu Utara III untuk mendapatkan imunisasi lengkap, konsultasi KB, menjaga kebersihan lingkungan, ASI, tatacara melakukan perwatan (inap/jalan) dll.

Diinformasikan  pula bahwa Puskesmas Kelurahan Tugu Utara III akan melaksanakan Posyandu Khusus bertempat di Sanggar Arsari Kp. Beting.  (Tyas)