Wadah meluncurkan Program Gerobak Pintar Pertama di Klender, Jakarta Timur

Yayasan Wadah Titian Harapan (Wadah)  telah meluncurkan sebuah program yang dinamakan  Gerobak Pintar pada Senin 1 Juli 2013 di RW 01 dan RW017, Kelurahan Klender, Jakarta Timur. Kegiatan ini selain dihadiri oleh anak-anak dan orang tua mereka, juga dihadiri oleh ketua RW 01 dan RW 017,  ketua RT dan wakil lurah Kelurahan Klender. Dari Rotary Club Jakarta Selatan yang mensponsori program ini hadir Bapak Stevan Loho.

Setelah acara resmi penyerahan gerobak pintar kepada perwakilan masyarakat di kedua RW di atas, sejumlah koordinator dan tutor dari komunitas Wadah turun meramaikan acara bersama anak-anak, antara lain Ibu Purwati (Klender), Ibu Kiswanti (Warabal) dan Listianingsih (Penjaringan).

Pada kesempatan yang meriah ini hadir pula  dokter Roni, dokter gigi  dari Fakultas kedokteran Gigi UI yang berkesempatan membagi pengetahuannya  tentang kesehatan gigi dengan anak-anak.  Anak terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini walaupun terik matahari sudah mulai menyengat.

Program Gerobak Pintar yang  merupakan adaptasi dari Program Kariton yang dikembangkan oleh  Dynamic Teen Company (DTC), Filipina ini digagas oleh Ibu Anie Hashim Djojohadikusumo, Pembina Wadah,  dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan bagi anak-anak yang tidak bersekolah namun mempunyai keinginan kuat untuk bersekolah. Program ini  untuk terbuka untuk anak-anak yang belum ingin bersekolah bahkan mereka yang tidak ingin bersekolah sekalipun. Diharapkan kegiatan ini dapat membangun kesadaran akan arti pentingnya pendidikan.

Program Gerobak Pintar ini terdiri dari 4 kategori yaitu Pendidikan, Kesehatan, Makanan tambahan dan Keterampilan terutama bagi ibu-ibu dan bapak-bapak warga Kelurahan Klender.  Gerobak ini akan  dioperasikan sepenuhnya oleh komunitas Wadah selama 3 bulan. Setelah itu secara bertahap dialihkan kepada warga setempat dengan  pendampingan dari Wadah sampai mereka bisa menjalankannya sendiri.