Sanggar Arsari Anak Mandiri Selenggarakan ACG di Arjasari

Sanggar ArsariAnak Mandiri (SAAM) Desa Arjasari, Bandung Selatan menyelenggarakan sebuah kegiatan melibatkan anak-anak yang mereka namakan Arsari Children Gathering (ACG) dari 2-4 Juli 2013. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Arjasari, desa perbukitanyang sejuk di selatan Kota Bandung ini diikuti oleh sekitar 70 anak SAAM, para tutor dan koordinator di lingkungan komunitas Arsari.

Kegiatan yang baru pertamakali dilakukan oleh SAAMini dihadiri oleh Ibu Anie Hashim Djojohadikusumo (Pembina Wadah), Ibu Retnaning Tyas (Ketua Wadah), Ibu Etty juga dari Wadah,  Bapak Ilyas(Wakil CamatArjasari), Bapak Lurah Desa Arjasari dan para sesepuh maupun parapemimpin informal Desa Arjasari serta wakil dari Desa Pinggir Sari.

ACG ditujukan sebagai sarana belajar bagi para remaja dalam membangun kemandirian, kerja sama, toleransi dalam keragaman budaya (adat dan tradisi)  dan dapat memaknai nilai-nilai keluarga.  Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan sebagai sarana pengembangan nilai-nilai kreativitas seni dan budaya.

Hari pertama, kegiatan ACG diisioleh  komunitas anak-anak Arjasari menampilkan tarian tradisi adat Sunda dan parade pengenalan peserta kepada undangan dan warga masyarakat yang hadir mengikuti kegiatan pembukaan.

Hari kedua direncanakan  pentas budaya, sekaligus  ibu-ibu menampilkan hasil karya mereka yaitu makanan khas Arjasari salah satunya yaitu kripik singkong. Kegiatan ini ditunda karena hujan.

Hari ketiga kegiatan  ACG adalah melepas ikan dan belut ke habitatnya. Ini merupakan salahsatu  tradisi masyarakat Arjasari. (RR)