Wadah Menyelenggarakan P3S Kedua di Yogyakarta

Peserta P3S kedua dan fasilitator serta pengurus dan pengawas Yayasan Wadah berfoto besama di Wisma Eden, Kaliurang, Yogyakarta
Peserta P3S kedua dan fasilitator serta pengurus dan pengawas Yayasan Wadah berfoto besama di Wisma Eden, Kaliurang, Yogyakarta

Yayasan Wadah Titian Harapan atau Wadah kembali menyelenggarakan Program Penguatan dan Pemberdayaan Sukarelawan (P3S) dari tanggal  27-30 Oktober 2014 di Wisma Eden, Kaliurang, Yogyakarta. P3S pertama diadakan di Blimbingsari, Bali pada 26-29 Agustus 2013 lalu, diikuti sekitar 85 peserta. Sedangkan P3S kedua ini diikuti lebih banyak peserta yaitu  114 orang dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Sumatera Utara, DKI Jakarta (Klender, Penjaringan, Kp. Beting, Cibubur), Jawa Barat:Warabal, Arjasari,  Cibodas, Lembang, Afifiyah), NTT (Atambua/Belu, Maumere/Sikka, Kupang, Sumba Barat Daya), D.I. Yogyakarta (Bantul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta) dan  Ambarawa.

Yayasan Wadah yang mengagas P3S sebagai salah satu upaya  pemberdayaan masyarakat, mengharapkan agar para peserta sebagai sukarelawan yang berada di tengah-tengah masyarakat,  akan lebih termotivasi lagi dalam melakukan pendampingan di komunitas setelah mengikuti P3S. Selain itu mereka  juga diharapkan bisa  menjadi motor penggerak yang mampu berperan secara optimal di tengah-tengah masyarakat manapun mereka berada.

Ada dua hal baru  dalam kegiatan P3S kedua ini yaitu berbagi pengalaman yang disampaikan oleh  8 orang ibu yang tahun lalu dikirim Wadah  ke Barefoot College di India untuk mengikuti pelatihan perakitan panel dan lampu tenaga surya selama 6 bulan. Kedelapan ibu dari desa di kawasan Indonesia Timur tersebut   mampu menunjukkan apa yang telah mereka dapatkan dan pelajari di Barefoot Collage secara amat mengesankan.

Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan melakukan kunjungan  ke berbagai komunitas di wilayah Yogyakarta, yaitu komunitas Bosskid, di Gunung Kidul dan Mutiara Abadi, Tani Organik Merapi (TOM), Sungapan/Sedayu.

P3S kedua ini dihadiri pula oleh Dewan Pengawas, ibu Janti Notowidagdo, ibu Dewi Djarot, ibu Yekti Suradji dan ibu Tuti Mashuri. Hadir juga sahabat Wadah, ibu Adila Suwarmo, ibu Yanti B, dan Wadah Filipina ms. Tina Ferreros.  (RR)