Wadah Selenggarakan Rapat Kerja Tahunan Kedua

Yayasan Wadah Titian Harapan (Wadah) pada tanggal  20-22 Oktober 2015 lalu  menyelenggarakan Rapat Kerja Tahunan kedua bertempat di Hotel Amos Cozy, Jakarta Selatan. Rapat Tahunan pertama  diselenggarakan pada bulan April 2015 lalu di Hotel Intercon, Jakarta.

Rapat kerja tahunan nasional kedua yang membahas berbagai rencana kegiatan komunitas dan sosialisasi rencana kerja Wadah pusat pada tahun 2016 mendatang,  dihadiri oleh para Koordinator  Pusat Kegiatan Masyarakat Wadah (PKMW) dari seluruh Indonesia, yaitu Jabobek, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali,  Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Pengurus Wadah Pusat serta seluruh staf YAD/Wadah.   Berbeda dengan rapat kerja Wadah sebelumnya,  kali ini dihadiri pula oleh perwakilan Wadah luar negeri, yaitu Wadah Filipina, Wadah Malaysia dan Wadah India serta mitra Wadah yang baru yaitu Yayasan Al Hikam Cinta Indonesia dari Minahasa Tenggara dan Yayasan Al-Mubarok dari Lombok Barat.

Ibu Anie dalam pengarahannya saat membuka Rapat Kerja, mengingatkan kembali apa yang menjadi tujuan utama Wadah dalam berkegiatan  yaitu mengusung misi kemanusiaan dengan memanusiakan manusia seutuhnya. Dengan demikian setiap program pelayanan lebih mengutamakan pendampingan manusianya.

Pada tahun 2016 nanti, Wadah akan membuka kantor-kantor Cabang/Perwakilan baru di Bandung, Ambon dan Atambua. Saat ini Wadah sudah memiliki kantor perwakilan di Yogyakarta dan Sikka.

Pada hari pertama dan kedua rapat kerja diisi dengan presentasi komunitas Wadah dari seluruh tanah air. Kemudian  Tim Tiga menjelaskan program pendidikan & pelatihan dan diakhiri dengan presentasi Wadah Pusat  berupa sosialisasi program Remaja Wadah Indonesia (REWIN), Pelatihan Penguatan dan Pemberdayaan Sukarelawan (P3S), pemberdayaan ekonomi keluarga, dan keuangan (penggunaan kartu ATM), administrasi/laporan serta fasilitas Paguyuban Keluarga Wadah (PKW).

Hari ketiga  presentasi  dari konsultan Wadah dalam bidang kesehatan masyarakat dan laporan berbagai kegiatan Wadah internasional (Filipina, Malaysia dan India). Selain itu hari ketiga ini diramaikan pula dengan presentasi yang penuh semangat  disertai pembacaan puisi oleh Taufik Bilfagih dari Yayasan Al Hikam Cinta Indonesia dari Minahasa Tenggara.

Sebelum penutupan seluruh peserta diberi kesempatan menyampaikan kesan dan pesan terhadap Rakernas kali ini dimana semua merasakan keakraban, kekeluargaan dan keterbukaan yang luar biasa serta perkembangan/pertumbuhan di komunitas juga pengurus, baik secara pribadi maupun masyarakat. Kemudian semua kita bersalam-salaman sebagai ungkapan sukacita dan terima kasih kepada seluruh peserta dan panitia pelaksana.

Pada malam harinya kegiatan Rakernas  ditutup secara resmi oleh Bapak Hashim Djojohadikusumo. Dalam kesempatan yang sama, ibu Anie memperkenalkan ibu Neeru Singh (istri Duta Besar India untuk Indonesia) sebagai Ketua Wadah International Comittee (WIC) dimana  Tim ini akan bertugas untuk urusan advokasi, penggalangan dana, dan jaringan internasional Wadah.

Acara penutupan Raker Wadah ini sekaligus merupakan acara perpisahan dengan  Duta Besar India  yang akan segera mengakhiri masa tugasnya di Indonesia. Hadir dalam kesempatan ini istri Duta Besar Norway, Kanada, Amerika Serikat, dan istri-istri Duta Besar untuk Asean dari negara Myanmar, Singapura dan India. (Tim Pelaksana)