Pelatihan Kesehatan - Wilayah 1 (19 – 20 Oktober 2017)

Pelatihan Kesehatan - Wilayah I.JPG

“Materi yang disampaikan sangat menarik, cara penyampaiannya sederhana dan mudah dimengerti serta dipahami. Dapat diterapkan secara langsung bagi diri sendiri, keluarga serta orang lain”. Demikian ungkapan perasaan salah satu peserta yang ditulis, ketika seluruh materi Pelatihan Kesehatan diberikan. 

9 PKM Wadah di Wilayah 1 mengikuti Pelatihan Kesehatan. Sebanyak 27 peserta hadir, masing masing di wakili 1 orang Kader Kesehatan/Posyandu dan 1 orang Guru PAUD, beserta  Koordinator. Selama dua hari peserta diberi materi mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Dan materi yang berkaitan dengan dampak dari perilaku gaya hidup: Penyakit Menular, Penyakit tidak menular, bahaya Narkoba dan diabetes melitus. Peserta juga mendapatkan tambahan materi mengenai Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dimana pelayanan WADAH di komunitas salah satunya adalah kegiatan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), sehingga Guru PAUD perlu diberi pengenalan, mengetahui sejak dini anak berkebutuhan khusus. Pemateri/narasumber (DR. Widhorini M.Sc) memahami apa yang menjadi kebutuhan, sehingga materi yang diberikan dapat diserap dan dipahami oleh peserta. Tentunya dengan arahan dari Wadah agar materi yang diberikan menjawab kebutuhan peserta.

Salah satu satu dampak jangka pendek dari pelatihan ini, baik obrolan secara langsung dan dikuatkan hasil catatan evaluasi yang dituliskan oleh seluruh peserta adalah : Materi yang disampaikan, mudah diserap, dengan kemasan yang mudah dimengeri oleh peserta, dan metode penyampaian oleh narasumber disampaikan dengan santai, sehingga peserta tidak mudah bosan dan mengantuk.

Diakhir pelatihan peserta dari masing-masing PKM Wadah menuliskan komitmen: Apa yang akan dilakukan baik sebagai komitmen pribadi maupun sebagai PKM Wadah setelah mengikuti Pelatihan Kesehatan