Wadah Merayakan Ulang Tahun ke-9

Wadah yang secara resmi didirikan pada 25 Januari2008 merayakan ulang tahunnya yang ke-9 pada tanggal 24 Januari 2017 di Hotel Le Meridien Jakarta.  Kegiatan pelayanan sosial untuk masyarakat termarjinalkan sebenarnya sudah dilakukan oleh  keluarga Hashim Djojohadikusumo jauh sebelumnya yaitu tahun 1998.

Perayaan ulang tahun ini dihadiri oleh para “pendekar” atau sukarelawan  dari sejumlah  komunitas Wadah di berbagai wilayah di Indonesia. Hadir pula  pengawas Yayasan Wadah,  para simpatisan serta  sahabat Wadah serta perwakilan dari Kedutaan Besar Libanon dan Polandia. Acara ini diramaikan pula dengan penampilan anak-anak dari PKM Wadah Jati Bening dan PKM Wadah Cibodas, Lembang. Anak-anak PKM Wadah Jati bening membawakan sebuah tarian tradisional berjudul Dedogeran. Sementara  anak-anak dari Cibodas menampilkan tarian yang diiringi musik Rampak Gendang yang dinamis.

Acara ulang tahun kali ini dibuka dengan laporan dari Ketua Harian Wadah, Retnaning Tyas. Dalam kesempatan tersebut Retnaning Tyas mengungkapkan beberapa hal yang sudah dicapai Wadah sejak berdiri sampai dengan tahun 2016. Kemudian juga diungkapkan beberpa perubahan penting yang akan dilakukan Wadah mulai dari tahun 2017 antara lain Wadah akan lebih fokus pada pendidikan anak-anak usia dini atau PAUD. Selain itu, sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan, Wadah juga mulai melakukan reorganisasi mulai dari struktur Wadah pusat sampai organisasi di tingkat komunitas di berbagai wilayah di Indonesia.

Lebih jauh Retnaning Tyas mengungkapkan beberapa hal penting yang telah berhasil dicapai oleh Wadah sebagai lembaga swadaya masyarakat antara lain: diterima yayasan ini secara resmi sebagai anggota khusus Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC) sejak Juli 2016.

Berdasarkan catatan Pengurus per Desember 2016,  Yayasan Wadah telah mendampingi 8.883 dampingan di 55 komunitas dan titik binaan dan bekerjasama dengan 433 pekerja sosial yang terdaftar sebagai pekerja sosial Yayasan Wadah.    Hashim Djojohadikusumo sebagai Pembina Yayasan Wadah dalam sambutannya menegaskan bahwa penampilan angka-angka statistik tersebut bukanlah ditujukan untuk menyombongkan diri karena yayasan miliki keluarga ini didirikan untuk melayani anak bangsa yang membutuhkan bantuan demi ibadah kepada Tuhan YangMaha Kuasa.