Seputar Komunitas

Wadah Merayakan Ulang Tahun ke-9

Wadah yang secara resmi didirikan pada 25 Januari2008 merayakan ulang tahunnya yang ke-9 pada tanggal 24 Januari 2017 di Hotel Le Meridien Jakarta.  Kegiatan pelayanan sosial untuk masyarakat termarjinalkan sebenarnya sudah dilakukan oleh  keluarga Hashim Djojohadikusumo jauh sebelumnya yaitu tahun 1998.

Wadah Resmikan Rumah Singgah Bosskid di Desa Tepus, Gunung Kidul

Ibu Anie Hashim Djojohadikusumo, Pembina dan Ketua  Yayasan Wadah Titian Harapan didampingi pengurus Wadah meresmikan bangunan baru Rumah Singgah PKM Wadah Bosskid di Desa Tepus, Gunung Kidul Yogyakarta pada 14 Desember 2016.

Gadis Cilik Keiko dari PAUD Despuri Klender Menangkan Medali Emas Taekwondo

 Keiko Alisya dari PAUD Despuri Klender Menangkan Medali Emas Taekwondo

Keiko Alisya dari PAUD Despuri Klender Menangkan Medali Emas Taekwondo

Palapa Club bekerjasama dengan Dinas Olah Raga DKI Jakartamengadakan Kejuaraan Taekwondo antar pelajar TK, SD, SMP dan SMA (umur 4-18 tahun) se-DKI pada 28 Mei 2016. Kejuaraan yang diikuti 1000 peserta dari berbagai TK dan sekolah di Jabodetabek ini diselenggarakan di Gelora Olah Raga (GOR) Cempaka Putih Jakarta Pusat.  Peserta dari Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD) Despuri Klender, seorang gadis cilik,  Keiko Alisya Wibiputri berhasil merebut medali emas dalam kejuaraan tersebutsebagai atlit terbaik klasifikasi umur Taman Kanak-kanak (4-6 tahun) untuk kategori Kyorugi (tarung/sparring).

Keiko mulai berlatihbeladiri Taekwondo sejak usia 3 tahun. Ketika usianya menajak 4 tahun, dia mulai serius menekuni seni beladiri asal Koreatersebut. Setahun kemudian, usia 5 tahun, Keiko mulai aktif mengikuti berbagai kejuaraan. Dari empat kejuaraan yang diikutinya sejak 2015 -2016, gadis kecil berbakat ini berhasil mendulang 5 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Saat ini Keiko sudahmenyelesaikan pendidikannya di PAUD Klender dan segera melanjutkan ke Sekolah Dasar. (Sherly)

PKMW Warabal Berjaya Merebut 4 Juara PORSENI

Dinas Unit Pendidikan Tingkat Kecamatan (UPTK) Parung menyelenggarakan lomba Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) pada Sabtu, 19 Maret 2016 di Arena Sapadia, Lebak Wangi, Parung. Lomba tersebut diikuti oleh 45 PAUD dan TK yang ada di Kecamatan Parung dengan jumlah peserta1500 anak. 

Dalam lomba ini ada 6 permainan yang dilombakan yaitu lari estafet, memindahkan bola, bakiak, mewarnai, memindahkan bendera dan senam penguin khusus diikuti orang tua siswa.  PAUD Warabal berjaya memenangi 4 dari 6 permainan yang dilombakan yaitu lari estafet putra-putri (juara 1), memindahkan bola putra (juara 1), bakiak putra (juara 1), bakiah putri (juara 3) dan senam penguin (juara 3).

Lomba PORSENI yang dibuka oleh Camat Parung, Bapak Kuswara berlangsung meriah dan bersemangat. Walaupun udara panas membuat banyak anak kehausan, namun dengan semangat tinggi dan keberanian, anak-anak PAUD Warabal berjaya memenangkan sebagian besar dari lomba tersebut. (Kiswanti)

Tirta Harapan Lestari Mengalirkan Air ke Desa Arjasari

Kekurangan air akibat kemarau panjangyang melanda berbagai wilayah di tanah air termasuk Desaperbukitan sejuk Arjasari di Kabupaten Bandung Selatan telah menggerakan Yayasan Wadah untuk mendatangkan penemu pompa air ram hidrolik, yaitu Letkol Simon Kamlasi ke Desa Arjasari.  Letkol Simon adalah Komandan Detasemen Peralatan Korem 161/Wira Sakti Kupang yang tidak hanya  ahli membuat pompa air  hidrolik, tetapi juga sangat berpengalaman memasang pompa hidrolik tersebut di berbagai wilayah yang kesulitan air di Indonesia. Kedatangan Letkol Simon disambut dengan sangat antusias oleh Kepala Desa (Kades) dan Masyarakat Desa Arjasari.

Wadah dan UNPAR Bekerjasama Mengembangkan Desa Arjasari

Yayasan Wadah Titian Harapan (Wadah)  dan Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan (LPPM-UNPAR) merintis kerja sama untuk mengembangkan masyarakat Desa Arjasari melalui program pendampingan dan peningkatan kapasitas masyarakat. Program ini akan dilakukan dengan  “mengeksploitasi” aset lokal seperti pertanian jagung, tomat dan aset-aset lainnya di luar pertanian. Ini akan mencakup pembinaan usaha kecil dan menengah (UKM) serta perwujudan Desa Arjasari sebagai Desa Wisata.

Bengkel Listrik Tenaga Surya Hasil Kerja Sama dengan India Diresmikan

Kupang, --- Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Rabu (8/7), meresmikan satu  bengkel untuk perakitan, perbaikan, dan perawatan panel listrik tenaga surya, yang peralatan dan komponennya merupakan teknologi India. Bengkel ini mengelola 254 unit panel Listrik Tenaga Surya (LTS) yang telah di pasang di desa tersebut.

YAD, Wadah Resmikan Bangunan Baru PKMW Al-Hidayah

Yayasan Arsari  Djojohadikusumo (YAD) dan Yayasan Wadah Titian Harapan (Wadah) meresmikan bangunan baru Pusat Kegiatan Masyarakat Wadah (PKMW) Al-Hidayah Selasa (28/7) di Rusunawa Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara. Acara peresmian ini tidak hanya dihadiri oleh penghuni rusunawa, tetapi juga hadir Lurah Penjaringan, Suranta, S.Sos, tokoh-tokoh  agama dan tokoh masyarakat Penjaringan. Bahkan anggota DPR-RI Komisi VII, Aryo Djojohadikusumo menyempatkan diri hadir dalam acarasederhana ini.

YAD Menyumbang 4 Unit Penjernih Air Lifesaver Jerrycan Untuk Komunitas Kali Bekasi

Sehubungan dengan banjir yang melanda kota Jakarta, Bekasi dan Tangerang, Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) telah menyumbangkan 4 unit alat penjernih air Lifesaver Jerrycan ke komunitas Arsari Kali Bekasi pada 22 Januari 2014 lalu. Komunitas Kali Bekasi seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap musim hujan selalu kebanjiran akibat meluapnya Kali Bekasi. Setiap kali banjir, sudah dapat dipastikan terjadi  kelangkaan air bersih dan air minum di komunitas ini. Alat penyaring air ini dapat digunakan memproduksi air siap minum dari sumber air yang tersedia di kawasan bencana dengan teknologi membaran, menggunakan  filter lebih kecil dari 15 nanometer yaitu 0.015 mikron,  kecuali air laut atau air asin karena akan merusak filternya.   Namun, yang  paling ideal digunakan adalah air hujan.

Kacamata dari Lions Club Menteng untuk Anak-anak Kp. Beting

Pada 9 Oktober 2013 lalu, Lions Club Jakarta Menteng bekerja sama dengan Yayasan Wadah memprakarsai pemeriksaan mata 16 anak komunitas  Arsari Kampung Beting. Dari 16 anak yang diperiksa, 14 orang perlu menggunakan kacamata dan 1 orang harus dirujuk lebih lanjut ke dokter spesialis mata dan 1 orang anak tidak membutuhkan kacamata.

Koordinator Komunitas Arsari SAM Berkunjung ke Nepal dan Bhutan

Pada minggu terakhir September 2013 lalu 4 koordinator komunitas Arsari Sanggar Anak Mandiri (SAM), yaitu Hasan Azhari, Sophan Ajie, Adi Hermawan dan Ricardo Hutahaean berangkatke Nepal dan Bhutan. Azhari dan Sophan Ajie mengunjungi Tarayana Foundation di Timphu, Bhutan, sementara Adi dan Ricardomengunjungi Yayasan Maiti Nepal di Nepal.

Komunitas Arsari Kampung Beting Membuka Kerja Sama Kesukarelawanan dengan UMJ

Komunitas Arsari Kampung Beting Remaja telah membuka kesempatan untuk pelaksanaan kegiatan kesukarelawanan di komunitas Arsari Kampung Beting. Kegiatan ini yang bermula dari keprihatinan Koordinator komunitas Arsari Kampung Beting, Ricardo Hutahaen mengenai persiapan anak-anak dalam menyambut kurikulum 2013 mendapat sambutan dari sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Informasi Universitas Muhammadiah Jakarta (FTI-UMJ) di mana salah satu tutor Arsari Kp Beting , Ari Damayanti, adalah mahasiswa dari FTI UMJ ini.

Sanggar Arsari Anak Mandiri Selenggarakan ACG di Arjasari

Sanggar Arsari Anak Mandiri (SAAM) Desa Arjasari, Bandung Selatan menyelenggarakan sebuah kegiatan melibatkan anak-anak yang mereka namakan Arsari Children Gathering (ACG) dari 2-4 Juli 2013. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Arjasari, desa perbukitanyang sejuk di selatan Kota Bandung ini diikuti oleh sekitar 70 anak SAAM, para tutor dan koordinator di lingkungan komunitas Arsari.

Kp. Beting Mendata Balita, Ibu Hamil dan Ibu Melahirkan

Ibu Retnaning Tyas (Wadah)  bersama tim dari komunitas Arsari Kp. Beting di bawah koordinator Ricardo Hutahaen selama dua hari, Selasa dan Rabu (24-25 November 2011) melakukan pendataan terhadap anak balita, ibu-ibu hamil dan ibu-ibu  melahirkan di Kp. Beting Remaja Blok A, B dan C, Rw018. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendapatkan informasi mengenai kesehatan mereka terutama berkaitan dengan imunisasi, KB, ASI dan kesehatan lingkungan.