PKM Wadah Warabal Mengadakan Lokakarya Literasi Keuangan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Masyarakat (PKM Wadah) Warabal menyelenggarakan lokakarya nasional  Literasi Keuangan dari tanggal 3-6 Juli 2018 bertempat di  PKM Wadah Warabal Parung, Bogor. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Gerakan Literasi Nasionl (GLN) yang dikampanyekan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Literasi Keuangan merupakan salah satu dari 7 literasi yang dipromosikan Pemerintah. Literasi lainnya adalah baca-tulis, numerasi, sains, digital, budaya dan kewargaan.

Lokakarya literasi keuangan tersebut adalah kegiatan nasional kedua yang pelaksanaannya dipercayakan kepada PKM Wadah Warabal. Kegiatan pertama adalah peluncuran Kampung Literasi di Desa Pemagarsari, Bogor pada 17 September 2017 yang ditujukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat desa.

Hadir dalam acara pembukaan lokakarya tersebut Ketua Umum Yayasan Wadah Titian Harapan (Wadah), Ibu Anie Hashim Djojohadikusumo, Dr. Kastum, Kepala Sub Direktorat Keaksaraan & Pengembangan Budaya Baca,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta sejumlah pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat setempat.

Ada sekitar 20 pegiat literasi dari 16 provinsi berpartisipasi  dalam kegiatan literasi keuangan ini yaitu dari Sumatera Utara, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jakarta.

Pemerintah menunjuk PKM Wadah Warabal untuk menyelenggarakan Program Literasi Keuangan karena Warabal telah memiliki dan menerapkan sejumlah program yang berkaitan dengan keuangan meliputi Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP), pengelolaan  dana sosial, bank sampah, kelompok menjahit dan jasa boga. Semua kegiatan tersebut dikelola bersama masyarakat sekitar. Dengan adanya kegiatan pengelolan keuangan di PKM Wadah Warabal, peserta lokakarya mendapatkan praktik terbaik dalam penerapan literasi keuangan.

Secara umum, literasi keuangan mencakup pengetahuan dan keterampilan teknis dalam mengelola keuangan yang lebih baik di sekolah, di rumah dan di masyarakat.

Layanan literasi keuangan yang dijalankan oleh PKM Wadah Warabal tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan oleh Yayasan Wadah melalui program penguatan  ekonomi masyarakat yang juga searah dan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Dalam acara pembukaan, Ibu Anie Hashim Djojohadikusumo menekankan agar peserta tidak hanya membicarakan masalah-masalah konsep, tetapi juga fokus pada aspek-aspek praktis yang mudah dipahami dan dilaksanakan. (Robby)