Wadah Kirim 5 Ibu Mengikuti Pelatihan Listrik Tenaga Surya di India

Barefoot3.jpeg

Pemerintah India dan Kedutaan Besar India di Indonesia, melalui  program Indian Technical and Economic Cooperation (ITEC), mensponsori lima (5) ibu dari komunitas Yayasan Wadah di Indonesia Timur untuk mengikuti Training of Illiterate/Semi-Literate Rural Women on Solar Electrification and Rain Water Harvesting (Pelatihan Listrik Tenaga Surya (LTS) dan Penampungan Air Hujan untuk Perempuan Pedesaan Buta Huruf/ Semi Buta Huruf) di  Tilonia, Rajasthan, India.

Barefoot College International (BCI) di India, Yayasan Wadah dan pemerintah daerah Desa Talwai dan Tasi, Kecamatan Lembur, Kabupaten Alor serta Desa Koa, Kecamatan Mollo Barat, Kabupaten TTS, Provinsi Nusa Tenggara Timur,  bekerjasama menyeleksi lima ibu dari belasan calon untuk diikutsertakan  dalam program tersebut. Mereka yang terpilih adalah Leonora Maibila, Sara Kamesa, Meriana Mailani dari Alor dan Yohana Franklin dan Ferderika Kune dari Koa.

Kelima calon peserta pelatihan tersebut merupakan hasil seleksi dan wawancara yang dilakukan oleh Direktur Eksekutif Wadah, Ibu Retnaning Tyas bersama Koordinator Wilayah III Wadah, Florencia Mario Viera. Setelah menyelesaikan semua persyaratan perjalanan dan dokumen lainnya, mereka diterbangkan ke  ke Denpasar untuk mengurus visa India.  Setelah itu mereka bertolak ke Jakarta menunggu penerbangan  ke Tilonia, India.

05CBE733-B3D9-46AF-826C-69C0977CC728.jpeg

Sementara berada di Jakarta pada 19 September 2018,   ibu-ibu tersebut didampingi Pengurus Wadah, melakukan kunjungan kehormatan ke Kedubes India untuk bertemu, berkenalan sekaligus berpamitan dengan Duta Besar India H.E. Pradeep Kumar Rawat, Wakil Kepala Misi, Mr Prakash Gupta dan Sekretaris Kedua Mr Ajit Singh sebelum terbang ke India pada hari berikutnya.   

Barefoot College International (BCI) yang berbasis di Tilonia, Rajasthan, India, adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Dr. Sanjit "Bunker" Roy pada tahun 1972. BCI fokus pada perempuan dan program pemberdayaan masyarakat, baik di India maupun di negara  lainnya  di dunia.

Ibu-Ibu buta huruf/ semi buta huruf belajar LTS

D5A08090-4A0E-4196-A381-445D3F8BADEA.jpeg

Program yang dilakukan dua kali setahun ini adalah program reguler yang disponsori oleh Pemerintah India melalui Kerjasama Teknis dan Ekonomi (ITEC) dan ditawarkan oleh Barefoot College di Tilonia, Rajasthan, India. Peserta yang diterima untuk program ini adalah perempuan berusia 35 tahun ke atas, buta huruf atau semi buta huruf, yang memiliki  potensi kepemimpinan dalam  program pemberdayaan masyarakat di desa/komunitas mereka masing-masing yang tidak memiliki akses ke listrik.

Sementara itu, Yayasan Wadah melakukan kegiatan ini dalam angka mendukung program SDGs yaitu Energi Besih dan Terjangkau serta Penanganan Perubahan Iklim.