Pencanangan Kampung Literasi Di Desa Pemagarsari, Parung

Kampung_Literasi

Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Bogor bekerjasama dengan PKM Wadah Warabal meresmikan pencanangan Kampung Literasi di Desa Pemagar Sari, Parung Bogor pada 18 September 2017. Hadir dalam acara ini Harris Iskandar (Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat), Abdul Kahar (Direktur Pengembangan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan), Kabid PAUD, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Bogor, Camat Parung, Lurah Pemagarsari, Ketua RT dan RW serta perwakilan masyarakat kampung saja.

PKMW WARABAL_Kampung Literasi

PKM Wadah Warabal ditunjuk Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pendamping Kelurahan Pemagarsari untuk menjalankan program Kampung Literasi.

Tahun 2015, Pemerintah meluncurkan program Gemar Membaca dan Program Rintisan Kampung literasi. Literasi maksudnya tidak hanya mengenai perpustakaan, tetapi juga baca tulis, numerik, sains, keuangan, digital, kewarganegaraan dan budaya.

Kampung Literasi merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkuat vitalitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Tahun 2017 ini, Kampung Literasi akan dicanangkan di 42 lembaga di 42 kabupaten kota. Progam ini diinisiasi oleh Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat melalui bantuan berupa dana untuk pengembangan literasi di tingkat kampung/desa.

Bantuan digunakan untuk peyediaan bahan bacaan, sarana baca, dan kegiatan literasi dengan pendekatan konteks lokal. Di samping itu, masyarakat kampung literasi bukan diposisikan sebagai objek program, melainkan terlibat menjadi bagian program literasi itu sendiri.

Kampung Literasi menjadi tempat penyelenggaraan beragam aksi literasi. Masyarakat di sekitar Kampung Literasi difasilitasi berbagai bahan bacaan yang kontekstual sekaligus dirangsang memfungsikan hasil bacaan mereka sehingga bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidupnya.