Pengukuhan Pengurus Komite Internasional Wadah (WIC)

Pengukuhan Pengurus Komite Internasional Wadah (WIC)

Tanggal 4-6 Februari  2016  lalu, WIC telah menyelenggarakan pengukuhan pengurusnya di London, Inggris dengan tujuan membangun persahabatan di antara para anggotanya, meresapi semangat Wadah serta membicarakan, merencanakan, memutuskan dan membuat rencana aksi untuk setiap program.

KOMITE INTERNASIONAL WADAH (WIC)

Pengurus WIC adalah sbb: 

Pendiri:           Anie Djojohadikusumo

Ketua:             Neeru Singh

Wakil Ketua:   Alfredo Torno III

Sekretaris:       Lim Choo Hin
                       Nathalie Bellosat

Bendahara:      Ian Rose
                       J
oan Fulton

Anggota:         Babli Kalha
                       Christina Ferreros
                       Linda Linsmayer
                       Margaret Connor
                       Mary Beth Lopresti
                       Raof Shan
                       Timothy Stanton

Walaupun sebagian besar anggota pengurus  baru pertama kali bertemu dengan Ketua WIC, Ibu Neeru Singh, dan anggota komite lainnya, namun kelihatannya tidak perlu lagi diadakan acara perkenalan; semua seakan sudah saling kenal sejak lama. Semua bagai anggota sebuah keluarga yang sudah lama tidak berjumpa.

Orientasi tentang status dan program Wadah, termasuk misi dan visinya, serta keunikannya dibandingkan dengan yayasan sosial lainnya, diberikan di awal pertemuan untuk memastikan setiap orang memiliki pemahaman yang sama.

Tim bekerja bukan sebagai individu tetapi sebagai sebuah tim, dimana masing-masing pikiran,  konsep dan gagasan saling melengkapi. Diskusi dari hari 1 sampai hari 3 benar-benar berjalan dengan rapi dan disiplin. Di samping jadwal yang padat, tim membicarakan setiap topik dengan serius, penuh komitmen dan keinginan untuk membicarakan berbagai hal sampai tuntas.

3 Langkah Program  “A BIG ACTION”

Yayasan Wadah menyadari ada sejumlah tantangan dalam upaya pengumpulan dana, maka tim WIC melihat ada tiga langkah yang dapat dilakukan. Pertama adalah membuat program untuk mengenalkan Yayasan Wadah kepada berbagai individu, organisasi dan perusahaan. Ini bisa dilakukan dengan membuat program kesadaran tentang Wadah, karya-karya Wadah dan ruang lingkupnya kegiatannya. Langkah kedua adalah menarik minat mereka agar mereka percaya dengan apa yang dilakukan oleh Yayasan Wadah. Ketiga adalah mendorong agar mereka mau melakukannya.

Menyatukan ketiga langkah tersebut menjadi satu: “Awareness Building, Interest Generating and Action” dengan singkatannya “A BIG ACTION” dijadikan sebagai nama program.

Program pertama yang akan dilaksanakan oleh WIC adalah “BIG ACTION”  yaitu Gala Dinner dan Bazaar di Berlin, Jerman. Program ini akan dilakukan menjelang akhir 2016 dan  ditangani langsung oleh Ibu Neeru Singh dengan bantuan anggota komisi lainnya. Tujuannya adalah memperkenalkan Yayasan Wadah dan program-programnya kepada  organisasi setempat serta individu lainnya di Jerman dan negara-negara tetangga.

Kegiatan berikutnya  yang  akan ditangani WIC adalah Wadah Global Gathering (WGG) ke-3 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2017. Tema WGG kali ini adalah “Women: Torchbearers and Pillars of Hope.” (Perempuan: Obor dan Tiang Harapan).