47 Remaja Mengikuti Program REWIN kedua di Desa Arjasari

Program Remaja Wadah Indonesia (REWIN) kedua dengan tema membangun daya juang remaja Indonesia,  dibuka secara resmi oleh Ketua Wadah, Retnaning Tyas, di Lapangan Dusun Cisalak, Desa Arjasari pada Rabu 13 Juli 2016. Dalam kesempatan ini Ketua Wadah menyampaikan sambutan tertulis dari Pembina Wadah, Ibu Anie Hashim Djojohadikusumo yang kali ini tidak bisa hadir karena ada tugas lain yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam sambutan tertulisnya, Ibu Anie mengatakan bahwa di masa mendatang Wadah mengharapkan program REWIN bisa diikuti oleh semua remaja yang ada di Desa Arjasari, bahkan nantinya bisa diikuti oleh remaja dari berbagai pelosok Nusantara.  

Kerja Sama Berkelanjutan

Sementara itu, Rosiman, Kepala Desa Arjasari,  dalam sambutannya mengharapkan agar kerja sama yang baik antara masyarakat Desa Arjasari dengan Wadah dalam membangun Desa Arjasari, akan terus berlanjut. Dengan mengutip tema REWIN kali ini,  Rosiman juga menghimbau para remaja dan masyarakat Desa Arjasari  agar terus  menjaga kebersihan desa mereka.

Program REWIN  yang melibatkan para remaja dari berbagai komunitas Wadah di tanah air, bertujuan menyiapkan generasi muda yang berketuhanan, berbudi pekerti luhur, berkarakter teguh dan percaya diri.  Desa sejuk Arjasari yang berada di Kabupaten Bandung itu pertama kali menyelenggarakan program REWIN  pada 29 Juli – 1 Agustustahun 2015 lalu, melibatkan 31 remaja (uisa 15-17 tahun) dari berbagai komunitas Wadah di tanah air.

Program REWIN kedua yang  berlangsung dari 11-16 Juli 2016, diikuti oleh 47 remaja  (usia 13-18 tahun) dari berbagai komunitas Wadah yaitu dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Yogyakarta,  Kupang, Sikka, Ternate, Malifut dan Ambon. Mendahului acara pembukaan REWIN, para peserta mendapat kesempatan mengenal lebih dekat Desa Arjasari dengan keliling desa dan mengunjungi beberapa tempat peninggalan budaya yang ada di sekitar desa Arjasari.  

Dalam acara pembukaan REWIN kedua ini  hadir sejumlah  tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat Desa Arjasari serta masyarakat Desa Arjasari sendiri. Bahkan sejumlah tokoh dari desa tetangga,  yaitu  Desa Lebak Wangi  dan dari Padepokan Bumi Alit, Desa Batu Karut juga ikut hadir,  karena mereka sangat tertarik dengan kegiatan REWIN yang tidak lupa memasukkan filsafat dan kearifan lokal ke dalam programnya. Bahkan tokoh dari Padepokan Bumi Alit memberikan buku yang mengisahkan pertemuan antara Bung Karno, Presiden pertama Indonesia, dengan tokoh Sunda Haji Ahmad Dahlan dalam rangka perumusan dasar negara  Pancasila.  

Masyarakat desa Arjasari, tua, muda termasuk anak-anak mengkuti acara REWIN kedua ini dengan penuh semangat dan antusias. Bahkan para pedagang makanan pun  tidak ketinggalan meramaikan kegiatan remaja tersebut.  Acara pembukaan yang dilakukan sore hari itu diramaikan pula dengan berbagai pertujukan seni budaya tradisional Sisingaan, Reog, tari Jaipongan, Angklung dan seni bela diri silat.   

Dapur Umum dan Bakti Sosial

Berbeda dengan pelaksanaan REWIN sebelumnya, kali ini ada yang menarik yaitu kegiatan dapur umum yang dikelola bersama oleh ibu-ibu koordinator, pendamping REWIN dan ibu-ibu Desa Arjasari. Mereka dengan semangat dan kerja sama yang baik menyiapkan makanan sehat dan bergizi bagi peserta dan panitia.   Kemudian ada pula kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan oleh dokter   untuk kaum lanjut usia yang dikelola oleh PKMW Cibodas, Lembang. (zhn)