Koordinator PKM Wadah Kupang, Mengikuti Kursus Pelatihan di Australia

Ibu Raineldis Boleng Hayon yang dikenal dengan panggilan Ibu Oa, Koordintor Pusat Kegiatan Masyarakat Wadah (PKM Wadah) Kupang,  Nusa Tenggara Timur (NTT) diundang oleh Monash University Australia untuk mengikuti kursus pelatihan mengenai Empowering Women for Sustainable Development of Indonesia’s Aquatic Living Resources.

Mama-Mama Pendekar Terang dari Timur Indonesia

Ada delapan orang perempuan Nusa Tenggara Timur yang berangkat ke Tilonia, India . Dua orang di antaranya berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, sementara enam peserta lain, berasal dari Kabupaten Sikka yaitu Wuring Lembah (tiga orang), Wolomude (dua orang), dan Pomat (satu orang). Semua peserta yang ikut adalah ibu-ibu berusia 50 tahun ke atas. Di Maumere para perempuan seusia itu mendapat panggilan kesayangan, ‘mama-mama’.

SpotLight Ball Berlin, Kerja sama India dan Indonesia

Pada tanggal 8 Oktober 2016 lalu sekitar 300 wajah baru ikut meramaikan acara Yayasan Wadah di Große Orangerie Schloss Charlottenburg, Berlin, Jerman. Dua kedutaan dari dua negara besar menjadi penyelenggara kegiatan penting ini yaitu Kedutaan Besar  India dan Indonesia yang berada di Berlin. 

Wadah dan GKJW Kerja sama Program "Live in" di Komunitas

Tiga orang calon pendeta atau vicaris dari Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW)  tinggal bersama dan merasakan kehidupan nyatadi sejumlah komunitas Wadah selama lebih kurang dua bulan yaitu dari 1 April 2016-28 Mei 2016.  Ketiga vicaris tersebut adalah Galih Fendi C, Noven R Nataniel dan Devina Widiningsih.

Wadah Kupang Selenggarakan Family Holiday, Wisata Alam dan Gotong Royong

Dalam rangka  mengisi liburan panjang Idul Fitri tahun ini, Wadah Kupang menyelenggarakan Family Holiday sambil memberikan pelayanan kesehatan dan berbagi ceria dengan anak-anak.  Acara yang berlangsung 3 hari (6-8 Juli 2016) melibatkan sejumlah sukarelawan Wadah,  Remaja Wadah Indonesia (REWIN) Kupang dan sekitar 21 orang Friends of Wadah (mulai dari anak-anak SD, Remaja dan  Dewasa).

Gadis Cilik Keiko dari PAUD Despuri Klender Menangkan Medali Emas Taekwondo

Keiko Alisya dari PAUD Despuri Klender Menangkan Medali Emas Taekwondo

Keiko Alisya dari PAUD Despuri Klender Menangkan Medali Emas Taekwondo

Palapa Club bekerjasama dengan Dinas Olah Raga DKI Jakartamengadakan Kejuaraan Taekwondo antar pelajar TK, SD, SMP dan SMA (umur 4-18 tahun) se-DKI pada 28 Mei 2016. Kejuaraan yang diikuti 1000 peserta dari berbagai TK dan sekolah di Jabodetabek ini diselenggarakan di Gelora Olah Raga (GOR) Cempaka Putih Jakarta Pusat.  Peserta dari Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD) Despuri Klender, seorang gadis cilik,  Keiko Alisya Wibiputri berhasil merebut medali emas dalam kejuaraan tersebutsebagai atlit terbaik klasifikasi umur Taman Kanak-kanak (4-6 tahun) untuk kategori Kyorugi (tarung/sparring).

Keiko mulai berlatihbeladiri Taekwondo sejak usia 3 tahun. Ketika usianya menajak 4 tahun, dia mulai serius menekuni seni beladiri asal Koreatersebut. Setahun kemudian, usia 5 tahun, Keiko mulai aktif mengikuti berbagai kejuaraan. Dari empat kejuaraan yang diikutinya sejak 2015 -2016, gadis kecil berbakat ini berhasil mendulang 5 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Saat ini Keiko sudahmenyelesaikan pendidikannya di PAUD Klender dan segera melanjutkan ke Sekolah Dasar. (Sherly)

PKMW Warabal Berjaya Merebut 4 Juara PORSENI

Dinas Unit Pendidikan Tingkat Kecamatan (UPTK) Parung menyelenggarakan lomba Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) pada Sabtu, 19 Maret 2016 di Arena Sapadia, Lebak Wangi, Parung. Lomba tersebut diikuti oleh 45 PAUD dan TK yang ada di Kecamatan Parung dengan jumlah peserta1500 anak. 

Dalam lomba ini ada 6 permainan yang dilombakan yaitu lari estafet, memindahkan bola, bakiak, mewarnai, memindahkan bendera dan senam penguin khusus diikuti orang tua siswa.  PAUD Warabal berjaya memenangi 4 dari 6 permainan yang dilombakan yaitu lari estafet putra-putri (juara 1), memindahkan bola putra (juara 1), bakiak putra (juara 1), bakiah putri (juara 3) dan senam penguin (juara 3).

Lomba PORSENI yang dibuka oleh Camat Parung, Bapak Kuswara berlangsung meriah dan bersemangat. Walaupun udara panas membuat banyak anak kehausan, namun dengan semangat tinggi dan keberanian, anak-anak PAUD Warabal berjaya memenangkan sebagian besar dari lomba tersebut. (Kiswanti)

Tirta Harapan Lestari Mengalirkan Air ke Desa Arjasari

Kekurangan air akibat kemarau panjangyang melanda berbagai wilayah di tanah air termasuk Desaperbukitan sejuk Arjasari di Kabupaten Bandung Selatan telah menggerakan Yayasan Wadah untuk mendatangkan penemu pompa air ram hidrolik, yaitu Letkol Simon Kamlasi ke Desa Arjasari.  Letkol Simon adalah Komandan Detasemen Peralatan Korem 161/Wira Sakti Kupang yang tidak hanya  ahli membuat pompa air  hidrolik, tetapi juga sangat berpengalaman memasang pompa hidrolik tersebut di berbagai wilayah yang kesulitan air di Indonesia. Kedatangan Letkol Simon disambut dengan sangat antusias oleh Kepala Desa (Kades) dan Masyarakat Desa Arjasari.

Wadah dan UNPAR Bekerjasama Mengembangkan Desa Arjasari

Yayasan Wadah Titian Harapan (Wadah)  dan Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan (LPPM-UNPAR) merintis kerja sama untuk mengembangkan masyarakat Desa Arjasari melalui program pendampingan dan peningkatan kapasitas masyarakat. Program ini akan dilakukan dengan  “mengeksploitasi” aset lokal seperti pertanian jagung, tomat dan aset-aset lainnya di luar pertanian. Ini akan mencakup pembinaan usaha kecil dan menengah (UKM) serta perwujudan Desa Arjasari sebagai Desa Wisata.

Remaja Wadah Indonesia Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar di Desa Arjasari

Remaja  Wadah dari berbagai komunitas di tanah air  yang dimotori para koordinatornya telah menyelenggarakan sebuah kegiatan di Desa Arjasari, Bandung Selatan, Jawa Barat dari 29 Juli-1 Agustus 2015. Kegiatan yang diberi nama Remaja Wadah Indonesia (REWIND) ini merupakan sebuah pelatihan kepemimpinan dasar bagi para remaja dari berbagai komunitas Wadah yang ada di tanah air. Sekitar 31 remaja dari komunitas Wadah yang ada di Jabobek, Jawa Barat, Yogyakarta dan kawasan timur Indonesia (KTI) ikut serta dalam kegiatan ini.

Bengkel Listrik Tenaga Surya Hasil Kerja Sama dengan India Diresmikan

Kupang, --- Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Rabu (8/7), meresmikan satu  bengkel untuk perakitan, perbaikan, dan perawatan panel listrik tenaga surya, yang peralatan dan komponennya merupakan teknologi India. Bengkel ini mengelola 254 unit panel Listrik Tenaga Surya (LTS) yang telah di pasang di desa tersebut.

YAD, Wadah Resmikan Bangunan Baru PKMW Al-Hidayah

Yayasan Arsari  Djojohadikusumo (YAD) dan Yayasan Wadah Titian Harapan (Wadah) meresmikan bangunan baru Pusat Kegiatan Masyarakat Wadah (PKMW) Al-Hidayah Selasa (28/7) di Rusunawa Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara. Acara peresmian ini tidak hanya dihadiri oleh penghuni rusunawa, tetapi juga hadir Lurah Penjaringan, Suranta, S.Sos, tokoh-tokoh  agama dan tokoh masyarakat Penjaringan. Bahkan anggota DPR-RI Komisi VII, Aryo Djojohadikusumo menyempatkan diri hadir dalam acarasederhana ini.

Remaja Kurang Beruntung dari Berbagai Negara Asia Berkumpul dalam WGG 2015 Yogyakarta

Yayasan Wadah menyelenggarakan Wadah Global Gathering (WGG) kedua pada tanggal 18-20 Maret 2015 lalu dengantema Education: Building Blocks of a Better Future di Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh sahabat-sahabat Wadah, baik yang lama maupun yang baru dari Indonesia, Filipina, Polandia, Amerika Serikat, Spanyol, India dll. Mereka menjadi saksi atas berbagai kisah yang sangat menyentuh,  mengharukan dan membanggakan yang disampaikan oleh para  pembicara remaja yang merupakan anak-anak yang kurang beruntung  dari mitra Wadah di  Indonesia(Wadah Foundation, Gita Eklesia Foundation, SOS Children’s Village), Filipina (Championing Community Children, Tuloy Foundation, Raise a Village Project), Nepal (Maiti Nepal), India (Saksham, Udayan Care), Bhutan (Tarayana Foundation) dan  Afghanistan (Shuhada Organization).