KEGIATAN WADAH

PENDIDIKAN

Program Pendidikan WADAH didasarkan pada keyakinan bahwa pendidikan, khususnya pendidikan dasar,  merupakan fondasi penting untuk mengembangkan generasi baru yang memiliki karakter dan martabat serta nilai-nilai kemanusiaan.

Program pendidikan tersebut meliputi proses belajar mengajar PAUD, memberikan pelatihan dan penguatan kepada guru PAUD, kelas pendampingan belajar (pendar), sistem pembelajaran alternatif (Kejar Paket), belajar membaca untuk orang dewasa, fasilitas sekolah, perpustakaan dan beasiswa. WADAH juga mendukung program pengembangan dan pelestarian kesenian tradisional. Melalui program pendidikan, Yayasan WADAH juga memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk menemukan, menggali serta mengembangkan talenta mereka secara maksimal. 

KESEHATAN

Program Kesehatan yang dilaksanakan oleh Yayasan WADAH bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap fasilitas dasar kesehatan. Program kesehatan tersebut meliputi kegiatan Posyandu dengan melibatkan para sukarelawan setempat,  pemberian makanan tambahan bergizi yang dibuat dengan bahan-bahan lokal, penyediaan fasilitas kesehatan, fasilitas sanitasi dan peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak. Kemudian, WADAH  membangun kapasitas dan memberikan pengetahuan serta pelatihan  mengenai kesehatan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan promosi kesehatan. WADAH juga berupaya menghubungkan masyarakat setempat dengan klinik kesehatan atau rumah sakit.

PENGUATAN ekonomi masyarakat

Program penguatan ekonomi masyarakat  yang dilakukan oleh Yayasan WADAH mencakup penyediaan fasilitas untuk pengembangan usaha kecil di masyarakat dampingan Wadah, pelatihan kejuruan dan pelatihan pengelolaan keuangan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan pengembangan kemandirian ekonomi bagi anggota masyarakat dengan memberikan  keterampilan tambahan.

WADAH juga membantu  pengelolaan paling sedikit 2 jenis skema tabungan untuk masyarakat dan menyediakan pembiayaan modal serta mendorong pembentukan koperasi serta  usaha kecil yang dioperasikan oleh anggota masyarakat. Dengan demikian WADAH menyediakan usaha kecil dan menengah melalui bantuan modal usaha dan mendukung kewirausahaan  sosial. Program ini juga membantu penyediaan listrik tenaga surya dan pasokan air melalui pompa hidrolik.